DocuSign memanfaatkan Mixpanel untuk melacak metrik utama, sehingga menghasilkan lebih banyak konversi, penyelesaian orientasi, dan peningkatan versi berbayar.

Target
Semakin banyak orang yang mengirimkan dokumen, semakin banyak orang yang terpapar DocuSign. Faktanya, efek jaringan dari aliran produk intinya ini mendatangkan 130.000 pengguna unik baru setiap hari. Kunci untuk meningkatkan pertumbuhan besar-besaran ini adalah memiliki analisis produk yang cepat, mudah, dan tepat sasaran.
“Kami mengukur kesuksesan kami berdasarkan kesuksesan pelanggan kami,” kata Drew. “Transaksi yang Berhasil — jumlah dokumen yang berhasil diselesaikan pelanggan kami menggunakan DocuSign — adalah salah satu metrik utama kami. Hal ini memastikan bahwa setiap karyawan selaras untuk memberikan kemudahan dan secepat mungkin bagi pelanggan untuk menyelesaikan transaksi mereka di DocuSign Global Trust Network.”
Solusi
DocuSign menggunakan Mixpanel dalam berbagai cara di seluruh perusahaan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan DocuSign dari waktu ke waktu, Mixpanel dengan mudah berkembang bersama mereka. “Saat kami pertama kali menggunakan Mixpanel pada tahun 2013, itu hanya untuk pemasaran,” kata Drew. “Kami ingin lebih memahami berapa banyak pengguna yang benar-benar berkonversi menjadi pelanggan berbayar.”
“Kemudian kami ingin memastikan Penandatangan berhasil dan melengkapi dokumen,” lanjut Drew, “karena peningkatan Penandatangan yang berhasil membantu meningkatkan penggunaan DocuSign dan jumlah total Transaksi yang Berhasil.”
Saat ini, DocuSign menggunakan Mixpanel di setiap langkah perjalanan pelanggan, mulai dari memperoleh pengguna baru hingga mengubah pengguna tersebut menjadi pelanggan berbayar. “Selama Transaksi Sukses kami bertumbuh, itu berarti kesuksesan yang berkelanjutan bagi pelanggan kami dan pertumbuhan berkelanjutan bagi perusahaan kami.”
“Dengan Mixpanel, semua orang dapat melihat siapa yang berhasil lolos.”
Menggunakan Corong untuk menguji fitur
Sebagian besar pengguna sudah terbiasa dengan fitur freemium DocuSign yang berlimpah, sehingga Drew dan tim produknya tahu bahwa ada banyak peluang untuk mendorong pengguna gratis agar melakukan peningkatan karena mereka lebih sering menggunakan DocuSign.
Mereka beralasan bahwa dengan menampilkan fitur-fitur premium tertentu, mereka akan memberi insentif kepada lebih banyak pengguna gratis untuk melakukan upgrade. “Saat kami memutuskan untuk memperkenalkan beberapa fitur premium kepada pengguna gratis kami,” kata Drew, “kami menggunakan properti super dan Corong untuk melacak fitur mana yang mendorong konversi bagi pengguna gratis kami.”
Corong tim menunjukkan bahwa dinding fitur menghasilkan peningkatan konversi peningkatan versi sebesar 5%. “Mengingat kami melihat 130.000 pengguna unik baru setiap hari, ini merupakan peningkatan yang signifikan bagi kami,” kata Drew.
Meningkatkan pembuatan akun dengan pengujian A/B
DocuSign menggunakan Mixpanel untuk memantau pengujian A/B untuk melihat apakah pengujian tersebut dapat meningkatkan metrik penting lainnya: Akun Penandatangan Baru.
Penandatangan Baru dapat membuat akun gratis setelah menandatangani dokumen. Akun gratis menyimpan salinan dokumen yang ditandatangani dan memungkinkan Penandatangan menggunakan DocuSign sebagai Pengirim.
Dengan menggunakan Mixpanel untuk memantau corong penting ini, DocuSign meningkatkan pembuatan akun gratis sebesar 15%.
“Nilai dari Mixpanel adalah kemampuan memantau saluran viral tersebut untuk memastikan keberhasilan Penandatangan Baru,” kata Drew.
Meningkatkan konversi pengguna pertama kali
Sebelum Mixpanel, DocuSign tidak memiliki gambaran yang jelas tentang perilaku pengguna baru. Saat tim melihat penurunan konversi yang signifikan segera setelah pendaftaran awal, mereka beralih ke Mixpanel untuk memahami alasannya.
DocuSign menduga ada satu langkah yang terlewat dalam proses orientasi dan memutuskan untuk menguji dampak pengalaman pengguna terpisah untuk pengguna baru.
“Awalnya, kami mengandalkan UI kami dan membiarkan pengguna baru menjelajahi aplikasi web kami sendiri,” kata Drew. “Tetapi dengan Mixpanel, kami dapat memantau bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi web saat kami menguji dan meluncurkan fitur baru.”
“Sekarang, kami memandu pelanggan dalam mengirimkan dokumen saat mereka masuk ke aplikasi web kami untuk pertama kalinya,” kata Drew. Dengan menambahkan pengalaman “pengguna pertama” yang dikurasi ini, DocuSign meningkatkan konversi Penanda Tangan ke Pengirim sebesar 10%.
Hasil
Dengan bantuan Mixpanel, Drew dan timnya dapat meningkatkan konversi, meningkatkan penyelesaian orientasi, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan berbayar untuk melakukan peningkatan. Kedepannya, DocuSign menggunakan Mixpanel untuk membuat keseluruhan datanya lebih berdampak.
Seiring berkembangnya DocuSign, DocuSign terus mengumpulkan data dalam jumlah besar di seluruh penyimpanan data lama dan baru. “Kami sedang membangun ekosistem data, secara bertahap menambahkan lebih banyak data agar masyarakat dapat lebih mudah mengaksesnya,” kata Drew.
“Kami mengintegrasikan semua data yang benar-benar mendukung DocuSign ke dalam gudang data, menambahkan pelacakan pengguna berbasis peristiwa di seluruh aplikasi kami yang berbeda, dan menyinkronkan dengan data penagihan, data back end, dan data email. Akan sangat menyenangkan jika semua data yang berbeda tersedia di satu tempat di mana kami dapat menanyakannya,” kata Drew.
“Kemampuan untuk menghubungkan acara Mixpanel ke data backend kami akan menjadi hal yang besar bagi kami. Mixpanel membantu menjadikan data kami lebih berharga.”